MAKALAH
DISUSUN OLEH :
NAMA : MEKA ANISA PERMATASARI
NPM : 16514561
KELAS : 1PA15
MATA KULIAH : ILMU BUDAYA DASAR
FAKULTAS : PSIKOLOGI
JURUSAN :
PSIKOLOGI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2014
KATA PENGHANTAR
Puji serta syukur
kami panjatkan ke khadirat Allah swt atas berkat dan rahmatnya kami dapat
menyelesaikan makalah dengan judul “TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR” Makalah
ini disusun guna memenuhi tugas dari dosen mata Pelajaran “Ilmu Budaya
Dasar”.Dalam Penyusunan makalah ini kami merasa masih banyak
kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan
kemampuan yang dimiliki penyusun. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak
sangat kami harapkan demi penyempurnaan penyusunan makalah ini.Dalam penyusunan
makalah ini kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada
pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
Demikian makalah ini
saya buat semoga memberikan manfaat untuk para pembaca. Terima kasih
BEKASI,23 OKTOBER
2014
PENYUSUN
(MEKA ANISA
PERMATASARI)
DAFTAR ISI
Cover
……………………………………………………………
i
Kata
pengahntar
…………………………………………………………….ii
Daftar
isi
…………………………………………………………….iii
Bab
1 PENDAHULUAN
…………………………………………………………….4
1.Latar
belakang
…………………………………………………………….4
2.Rumusan
masalah
…………………………………………………………….4
3.Tujuan
…………………………………………………………….4
Bab
2 PEMBAHASAN
1.Pengertian(ISD
dan IPS)
…………………………………………………………….5
2.Tujuan
(ISD dan IPS)
…………………………………………………………….6
3.
Tiga kelompok ilmu pengetahuan
…………………………………………………………….7
4.
.Perbedaan dan persamaan ISD dengan IPS
…………………………………………………………….8-9
5.Ruang
Lingkup ISD
PENDAHULUAN
BAB 1
1.LATAR BELAKANG
Banyak sekali kritik
dan saran yang ditunjukan pada system pendidikan kita oleh para cendikiawan
terutama banyaknya sarjana-sarjana pendidikan,social,dan kebudayaan.ISD sebagai
bagian dari MKUD,mempunyai tema pokok bahasan yaitu ilmu timbale balik antara
manusia dengan lingkungannya dan IPS adalah ilmu social dasar yang dipelajari
oleh sebagian orang yang masih duduk dibangku sekolah menengah atas,sebagai
mana IPS juga sudah sering didengar oleh masyarakat social dari SD sampai SMA
tapi dari segi masyarakat masih belum banyak yang mengerti akan arti IPS maupun
ISD yang lekat dengan konsep-konsep dasar masalah di social.maka itulah kita
harus mempelajari dan memahami ISD dan IPS lebih dalam .ISD dan IPS bukanlah
penghantar disiplin ilmu tersendiri ,tetapi menggunakan pengertian-pengertian
(fakta,teori,konsep) yang berasal dari berbagai bidang keahlian untuk
menanggapi masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat indonesia.
2.
.Rumusan Masalah
Dari
latar belakang di atas, dapat pemakalah rumuskan permasalahan yang ada sebagai
berikut:
1). Pengertian ISD dan IPS.
2). Pokok Bahasan tentang masalah-masalah social yang berhubungan dengan ISD dan IPS.
3). Menganalisis tentang konsep-konsep dasar ISD dan IPS.
1). Pengertian ISD dan IPS.
2). Pokok Bahasan tentang masalah-masalah social yang berhubungan dengan ISD dan IPS.
3). Menganalisis tentang konsep-konsep dasar ISD dan IPS.
3.Tujuan
1.Memenuhi tugas
dosen ilmu budaya dasar.
2.Menambah referensi
mengenai setiap masalah masyarakat social yang timbul dalam masyarakat selalu
bersifat kompleks dan hanya dapat dipelajari.
3.Menambah
pengetahuan mengenai adanya kenyataan social yang ada dalam masyarakat.
PEMBAHASAN
BAB 2
1.Pengertian
Ilmu
Sosial Dasar :
Yaitu ilmu yang memberikan dasar-dasar pengetahuan tentang konsep dasar dan mempelajari masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yg diciptakan oleh masyarakat dengan menggunakan Teori2 (fakta, konsep, teori) yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu2 sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah) MK,ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu social yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah social.
Ilmu
Pengetahuan Sosial :
IPS merupakan suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council (SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai “Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya.
Ilmu social dasar :
membantu perkembangan
wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih
luas dan ciri – ciri kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya
berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia lain,
serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain terhadap manusia yg
bersangkutan secara timbal balik.
Ilmu
pengetahuan social :
1.Membekali peserta
didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat.
2.Membekali peserta
didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun alternatif
pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
3.Membekali peserta
didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan
berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian.
4.Membekali peserta
didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, dan hidup yang menjadi
bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan.
5.Membekali peserta
didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan
perkembangan kehidupan, perkembanganilmu dan teknolog.
3.Tiga kelompok ilmu pengetahuan
Berdasarkan dari
macam-macam buku besar yang telah dijadikan sebagai sumber dan patokannya ilmu
penetahuan dibagi menjadi tiga yaitu:
Ilmu pengetahuan alam
Ilmu pengetahuan
sosial
Ilmu pengetahuan budaya
atau biasa disebutnya Ilmu penetahuan humaniora
Dan dalam ilmu
pengetahuan tersebut juga mempunyai suatu arti atau kajian yang mempunyai arti
yang sangat banyak dan juga luas bisa dibilang kalau kita belajar ilmu
penetahuan itu tidak aka nada habisnya dikarenakan semakin zaman berubah maka
pola berpikir manusia pun akan berubah dikarenakan sudah berubahnya zaman dan
juga unsur-unsur kebudayaan selain itu pun kode etik dan sopan santun tidak
boleh ditinggalkan.
Semua sumber banyak
sekali yang mempunyai arti yang unik dan juga berbeda maka dari itu saya
merangkumnya jadi arti saya sendiri yaitu
Ilmu pengetahuan alam
Menjalani hidup
didunia ini kita tidak sendiri sebagai mahkluk hidup, dikarenakan kita juga
perlu adanya keterkaitan hubungan yang saling menguntungkan, menguntungkan
hanya satu pihak, dan sama-sama merugikan semua itu dilakukan begitu saja tanpa
mengenal perubahan jaman dikarenakan itu semua dilakukan demi kelangsungan
hidupnya.
Kehidupan kita
didunia ini sangatlah membutuhkan suatu nilai dari alam yang mempunyai arti
lebih bila alam pun sudah tidak berkenan menerima keadaan kita habislah kita
semua semua itu memang sudah digaris besarkan kalau alam lah yang menjadi nilai
unsur kehidupan kita maka bisa disebut Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu yang
semua kaitannya tentang nilai kehidupan kita yang semuanya itu memerlukan suatu
perhitungan yang amat dalam dan juga berdasarkan metode-metode ilmiah.
Didalam kehidupan
ilmu pengetahuan alam sangat lah penting dikarenakan banyak sekali manfaat yang
bisa diambilnya untuk memudahkan kita sebagai kelangsungan hidup kita, ilmu
pengathuan alam pun dibagi menjadi beberapa pecahan yaitu: Bilogi yang
mempelajari tentang nilai kehidupan mahkluk hidup seperti manusia,hewan, dan
juga tumbuhan tidak hanya itu biologi pun banyak mempelajari organ-organ dalam
mahkluk hidup demi mengetahui seberapa besar perbedaan organ dalam setiap
mahkluk hidup yang mempunyai banyak manfaat dan juga tujuan seperti bisa
mengatahui apa bila mahkluk hidup ada yang menderita penyakit didalam organ
dalam tubuhnya
Kimia adalah ilmu
yang mempelajari jenis-jenis dari alam yang seperti bahan-bahan yang kita
gunakan didalam kehidupan kita sehari-hari kimia mempelajari hasil dari alam
seperi emas, minyak bumi, garam, assam, batu bara,dan masih banyak
lagi semua itu dipelajari dengan banyak perhitungan dan juga mengetahui hasil
alam lainnya dengan itu bisa menemukan bahan kimia baru, maka akan berguna bagi
manusia
Fisika ilmu yang
memepelajari suatu skala perbandingan yang mempunyai banyak cara dan juga
langkah-langkah metode dalam perhitungannya didalm proses perhitungannya fisika
banyak menggunakan satuan dan juga massa jenis didalam kehidupan fisika
sangatlah membantu kita, fisika pun bisa dibilang susah dan juga gampang semua
itu hanya tergantung dari faktor manusianya yang mau mempelajarinya atau tidak
dalam kehidupan kita fisika banyak sangat lah kuntungan contoh: dalam membuat
suatu gedung dengan tingkat kemiringan atau kerataan tanah kita sangat lah
susah akan tetapi kalau kita mempelajari fisika semua itu bisa diatasi.
Ilmu pengetahuan
sosial
Berinteraksi sesama
manusia dan juga masyarakat tentu saja sangatlah menyenangkan apa bila semua
itu memberikan manfaat dan juga hal positif, ikut didalam keorganisasian
sebagian orang bisa berkata itu mudah semudah membalik tangan akan tetapi apa
bila kita belum pernah mempelajari ilmu tentang bagaimana menghadapi orang
lain, ikut dalam keorganisasian, interaksi sesama manusia dengan tidak
adanya semua itu kita akan merasa diri kita kurang atau bisa disebut dengan
kurangya percaya diri
Dari kesimpulan
diatas bisa diartikan sebagai kalau ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang
mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial,
nilai kehidupan kita dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang
mempunyai rasa nilai tenggang rasaan sesama manusia didalam ilmu pengatahuan
sosial dibagi menjadi beberapa ilmu yaitu: sejarah, geografi, ekonomi, dan
masih banyak lagi dan berikut penjelasannya
Sejarah adalah ilmu
yang mempelajari tentang kehidupan dari masa lampau dari ilmu ini kita bisa
mengetahui tentang bagaimana cara kehidupan masa lalu berlangsung dari mulai
cara mereka berlangsung kehidupannya dari mulai alat-alat mereka yang digunakan
untuk melakukan kegiatannya, mengetahui cara berpikirnya pola berkembang.
Geografi ilmu yang
mempelajari tentang letak suatu daerah dan astronominya ilmu ini banyak sangat
berguna untuk menegathui letak-letak daerah dan juga geografi ini mempelajari
tentang gejala-gejala alam apa bila ada akan terjadi suatu musim bisa
diperhitungkannya dengan cara letak astronomis suatu daerahnya
Ekonomi adalah sebuah
ilmu yang menggunakan kode perhitungan dalam menjalankan sebuah perencanaan dan
juga kegiatan agar semuanya bisa berjalan dengan lancar didalam ekonomi juga
banyak sekai tentang nemanajemen keuangan dalam memenuhi apa yang kita inginkan
agar semuanya bisa terwujud.
Ilmu kebudayaan
Di dunia ini banyak
sekali Negara dan juga rakyatnya dengan berbagai macam suku dan budaya disetiap
suku atau etnic mempunyai perbedaan dan juga cirri khas yang bisa kita
membedakannya dari mulai pakaiannya, tutur bahasanya, dan juga norma-norma
kehidupannya sehingga dari situ lah kita bisa menyimpulkan bahwa ilmu
kebudayaan adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu norma asas di setiap
wilayah diberbagai Negara, tidak semua kebudayaan itu sama dan juga tidak lain
pula dinegara satu mudah menerima kedatangan buadaya yang berasal dari Negara
lain contoh: di bagian Negara barat boleh memakai pakaian yang terbuka akan
tetapi dinegara Indonesia yang mayoritas negaranya mempunyai kepercayaan muslim
sangat sulit menerima keadaan seperti itu.
4.Perbedaan dan persamaan ISD dengan IPS :
ISD juga merupakan
suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar
tentang konsep2 yg dikembangkan untuk melengkapi gejala – gejala sosial agar
daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi
lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada
lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
Ilmu Sosial Dasar
(ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanyamempunyai persamaan dan
perbedaan.
Adapun persamaan
antara keduanya adalah :
a. Kedua-duanya
merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.
b. Keduanya
bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya
mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial danmasalah sosial.
a. Ilmu Sosial
Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu PengetahuanSosial diberikan di
Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b. Ilmu Sosial
Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan Sosial
merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
c. Ilmu Sosial
Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu
Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan dan ketrampilan
intelektual.
5.Ruang lingkup ISD :
Materi Ilmu Sosial
Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapatmenelaah masalah-masalah
sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapatmengindentifikasi
kenyataankenyataan sosial dan memahami sejumlah konsepsosial tertentu. Sehingga
dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasardapat dibedakan atas tiga
golongan yaitu :
1. Kenyataan-kenyataan
sosial yang ada dalam masyarakat, yang secarabersama-sama merupakan masalah
sosial tertentu.
Kenyataan-kenyataan
sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu
sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya.
Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan
interdisiplin/multidisiplin.
2. Konsep-konsep
sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataankenyataan sosial dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yangsangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah sosial yang dibahasdalam Ilmu Pengetahuan sosial.
Sebagai contoh dari
konsep dasar semacam itu misalnya konsep"keanekaragaman" dan kosep
"Kesatuan sosial". Bertolak dari keduakonsep tersebut di atas, maka
dapat kita pahami dan sadari bahwa didalam masyarakat selalu terdapat :
a. Persamaan dan
perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baiksecara individual atau
kelompok/golongan.
b. Persamaan dan
perbedaan kepentingan.
3. Masalah-masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibatdalam berbagai
kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu denganlainnya saling berkaitan.
Berdasarkan bahan
kajian seperti yang disebut di atas, dapat dijabarkanlebih lanjut ke dalam
pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untukdapat di operasionalkan.
Konsorsium Antar
Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8
(delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang
lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami
adanya:
1. Berbagai
masalah kependudukan dalam hubungannya denganperkembangan masyarakat dan
kebudayaan.
2. Masalah individu,
keluarga dan masyarakat.
3. Masalah
pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah
hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah
pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah
masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan
ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dankesejahteraan masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
-
https://
1.id.wikipedia.org.com/ilmu-social-dasar-dan-ilmu-pengetahuan-sosial.
2.Belajarpsikologi.com/ISD-IPS/pengertian.
3.betanokaz.blogspot.com/latar
belakang-pengertian-ilmu-pengetahuan-sosial.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar