Kamis, 30 Oktober 2014

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

MAKALAH
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN





DISUSUN OLEH :
NAMA               : MEKA ANISA PERMATASARI
NPM                 : 16514561
KELAS              : 1PA15
MATA KULIAH : ILMU BUDAYA DASAR
FAKULTAS       : PSIKOLOGI
JURUSAN         : PSIKOLOGI






UNIVERSITAS GUNADARMA
2014

KATA PENGHANTAR
Puji serta syukur kami panjatkan ke khadirat Allah swt atas berkat dan rahmatnya kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul “MANUSIA DAN KEBUDAYAAN” Makalah ini disusun guna memenuhi tugas dari dosen mata Pelajaran “Ilmu Budaya Dasar”.Dalam Penyusunan makalah ini kami merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penyusun. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi penyempurnaan penyusunan makalah ini.Dalam penyusunan makalah ini kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini.


Demikian makalah ini saya buat semoga memberikan manfaat untuk para pembaca. Terima kasih





BEKASI,24 OKTOBER 2014





                                                         PENYUSUN
(MEKA ANISA PERMATASARI)







DAFTAR ISI

Cover
……………………………………………………………i
Kata pengahntar
……………………………………………………………ii
Daftar isi
……………………………………………………………iii
Bab 1 PENDAHULUAN
……………………………………………………………4
1.Latar belakang
……………………………………………………………4
2.Rumusan masalah
…………………………………………………………….4
3.Tujuan
…………………………………………………………….4

Bab 2 PEMBAHASAN
1.Pengertian Manusia
……………………………………………………………5-6
2.Hakikat Manusia
……………………………………………………………6-7
3.Kpribadia Bangsa Timur
……………………………………………………………7-8
4.Pngertian Budaya
……………………………………………………………8-9
5.Unsur-unsur Kebudayaan
…………………………………………………………….9-10
6.Wujud Kebudayaan
…………………………………………………………….10
7.Orientasi nilai budaya
…………………………………………………………….11-12
8.Perubahan kebudayaan
…………………………………………………………….12
9.kaitan manusia dengan kebudayaan
…………………………………………………………….12-13






PENDAHULUAN
BAB 1


1.LATAR BELAKANG
    
Indonnesia terkenal dengan beragam macam budaya.manusia dab kebudayaan adalah satu hal yang tidak bias di pisahkan karena Dimana ada manusia disitulah ada kebudayaan yang berkembang dan manusia akan hidup sesuai dengan kebudayaan yang di jalaninya.manusia adalah makluk social yang setiap harinya pasti berinteraksi dan melakukan aktivitas maupun kebiasaan-kebiasaan yang menimbulkan kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari.beragam suku dan bangsa yang ada diidonesia merupakan bukti dari banyaknya macam-macam kebudayaan yang ada diindonesia.saat ini banyak sekali teknologi-teknologi yang masuk keindonesia untuk itu kita harus mengantisipasi agar teknologi itu tidak mempengaruhi terhadap budaya budaya yang telah ada di Indonesia saat ini.

2. .Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas, dapat pemakalah rumuskan permasalahan yang ada sebagai berikut:
1.apa pengertian dari manusia.
2.apa pengertian budaya dan apa saja yang mempengaruhi kebudayaan.
3.bagaimana kaitan manusia dengan budaya.
4.bagaimana kedudukan manusia dan budaya.

3.Tujuan

1.mempelajari berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia.
2.Menambah referensi mengenai manusia membutuhkan kebudayaan untuk bersosialisasi dengan makluk yang lain.
3.Menambah pengetahuan tentang budaya yang memberi peran penting terhadap kehidupan manusia seperti pendidikan,alat pemersatu,identitas maupun masih banyak lagi.




PEMBAHASAN
BAB 2

1.PENGERTIAN MANUSIA
     Manusia dan kebudayaan merupakan hal yang sangat erat karna mereka satu sama lain saling berkaitan.manusia dapat dipandang dari segi fisik manapun.dalam ilmu eksakta menusia dipandang sebagai sebagai kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan-jaringan system yang dimiliki oleh manusia. Dalam segi fisika manusia adalah kumpulan dari energi dan system fisik yang saling terkait satu sama lain.dalam segi biologi manusia adalah makluk biologi yang tergolong dalam golongan mamalia.dalam ilmu sosiologi manusia adalah manusia yang tidak dapat berdiri sendiri.dalam segi ekonomi manusia adalah makluk yang selalu memperhitungkan sesuatu dalam setiap kegiatan.dalam segi filsafat manusia adalah makluk yang berbudaya.dia atas merupakan arti manusia dari segi manapun.berikut adalah unsur-unsur yang membangun manusia:

         Ada dua pandangan manusia yang menjadi acuan untuk menjelaskan unsure-unsur yang membangun manusia.
A.manusia terdiri dari 4 usnur yang saling melengkapi dan saling terkait:

1.   Jasad : adalah bagian luar dari manusia yang dapat di sentuh dan di raba.
2.   hayat : adalah yang menandai segala unsure hidup manusia contohnya bergerak.
3.   ruh : adalah spiritual manusia yaitu mendapkan bimbingan dan pimpinan dari tuhan agar bias memahami kebenaran dan keburukan.
4.   nafs : adalah kelakuan yang mencerminkan diri sendiri.

B.Manusia terdiri dari 3 unsur sebagai satu kepribadian :

1.   Id, adalah suatu kepribadian yang primitive dan tidak tampak.id merupakan libido murni atau energi psikis yang terkait dengan sex,yang secara instingtual merupakan proses-proses ketidaksadaran.id tidak berhubungan dengan lingkungan luar diri tetapi merupakan kpribadian yang pada gilirannya menjadi mediator antara insting dunia luar.terdukung dari pengaruh social id di ataur oleh prinsip kepuasan isntingtual libidinal yang harus di penuhi baik dalam melalui pengalaman seksual atau melalui mimpi dan khayalan.objek yang nyata dari pemuasan kebutuhan langsung dalam prinsip kesenangan ditentukan oleh tahap psikoseksual dari perkembangan individual.
2.   ego adalah merupakan struktur kpribadian yang berbeda dari id,sering kali di sebut kepribadian “eksekutif” karena perannya menghubungkan energi id ke dalam saluran social yang dapat dimengerti oleh orang lain.perkembangan ego di rasakan pada umur satu sampe dua tahun pada saat sudah menyatu dalam lingkungan luar ego diatur oleh prisip realitas,ego mengatur seseorang sehingga dorongan istingtual id dapat dipuaskan dengan cara dapat menerima.
3.   superego,adalah struktur kepribadian yang paling akhir muncul dan dapat kita rasakan kira-kira pada usia lima tahun.superego terbentuk dari lingkungan eksternal,jadi superego adalah merupakan standard standard moral yang diterima oleh ego dari sejumlah agen yang mempunyai otoritas di dalam lingkungan luar diri,biasanya merupakan asimilasi dari pandangan-pandangan orang tua. Baik aspek negative atau positive semuanya ditunjukan oleh superego.jadi superego menunjukan pola aturan yang dalam derajatnya tentu menghasilkan krontrol diri melalui system imabalan dan hukumana yang terinternalisasi.

2.HAKIKAT MANUSIA
     Manusia diciptakan oleh tuhan sebagai makluk hidup yang paling sempurna.manusia dilengkapi dengan akal pikiran serta hawa nafsu.tuhan menanamkan akal pikiran kepada manusia agar dapat digunakan untuk kebaikan mereka masing-masing da untuk orang disekitar mereka.adapun hakikat manusia yang membedakan manusia dengan makluk yang lain adalah :
1.   manusia mempunyai tenaga untuk menggerakan hidupnya dan memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
2.   individu yang dapat menggerakan tujuan hidupnya yang positif mampu mengatur dan mengontrol hidupnya sendiri.
3.   individu yang mempunayi sifat rasional yang bertanggung jwab atas tingkah laku intelektual dan social.
4.   makluk hidup yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak penah sselesai(tuntas) selama hidupnya.
5.   individu yang dalam hidupnya selalu melibatka dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri,membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.
6.   makluk tuhan yang berarti ia adalah makluk tuhan yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.
7.   individu yang sangat di pengaruhi oleh lingkungan social bahkan ia tidak bias berkembang sesuai dengan martabat kemanusiaan tanpa hidupnya di dalam lingkungan social.

3.KEPERIBADIAN BANGSA TIMUR
    
Kepribadian bangsa timur kepribadian yang merupakan suatu karakter yang mencerminkan masyarakat yang menganut budaya dari timur(Asia & Timur-Tengah),yang menunjukan ke khasan dan pola pikir dan kebiasaaan yang terdapat di daerah timur.kerpibadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat tepo seliro atau memiliki sifat toleransi yang tinggi.dalam berdemokrasi bangsa timur pada umumnya aktif dalam mengutarakan aspirasi rakyat seperti dinegara duduk sambil memegang poster protes dan dinegara Thailand,mereka berdemokrasi dengan tertib dan damai.kepribadian bangsa timur juga identik dengan tutr kata yang lembut  dan sompan dalam bergaul maupun dalam berpakaian.terdapat cirri khas dalam berbagai Negara yang mencerminkan Negara tersebut memiliki suatu kepribadian yang unik . misalnya masyarakat Indonesia khususnya daerah jawa.sebagian besar mereka bertutur kata yang lembut dan sopan.dan terdapat aturan atau larangan yang tidak boleh dilakukan menurut versi orang dulu yang sebenarnya menurut orang jawa itu adalah suatau nasihat yang membangun.misalnya tidak boleh duduk di depan pintu.hal itu merupakan ciri khas kepribadian yang unik.budaya timur merupakan budaya yang masih kental dengan upacara-upacara adat.

Berikut gamabar dibawah ini yang menunjukan bagan psiko-sosiogram manusia :



4.PENGERTIAN KEBUDAYAAN

   Kebudayaan jika dikaji dari asal kata bahasa sansekerta berasal dari kata budhayah yang berarti budi atau akal.dalam bahasa latin,kebudayaan berasal dari kata colere yang berarti mengolah tanah,jadi kebudayaan dalat di artikan adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi(pikiran) manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggal atau dapat pula diartikan segala usaha manusia untuk mendapatkan melangsunkan dan mempertahankan hidupnya didalam lingkungannya.”budaya dapat pula diartikan sebagai himpunan pengalaman yang dipelajari, mengacu pada pola-pola perilaku yang ditularkan secara social yang merupakan kehususan kelompok social tertentu.kebudayaan dengan demikian mencakup segala aspek kehidupan manusia yang baik dan sifatnya material,seperti peralatan-peralatan kerja dan teknologi maupun yang non material seperti nilai kehidupan dan seni-seni tertentu.
  
Seorang antropolog yaitu EB.Tylor (1871) mendefinisikan kebudayaan sebagai berikut :
Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan,kepercayaan,kesenian,moral,hokum,adapt-istiadat dan kemampuan-kemampuan lain serta kebiasaan-kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
Selo sumarjan dan soelaeman soemardi merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya,rasa dan cipta masyarakat.
Sultan takdir alisyahbana mengatakan bahwa kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir.
Koentjaraningrat mengatakan,bahwa kebudayaan antara lain berarti keseluruhan gagasan karya manusia yang harus di biasakannya dengan belajar berserta keseluruhan dari hasil budi pekertinya.
A.L Krober dan C.Kluckhon mengatakan bahwa kebudayaan adalah manisfestasi atau pengalaman kerja jiwa manusia dalam arti seluas-luasnya.

5.UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN
   Bawah ada 7 unsur kebudayaan universal :

1.sistem kepercayaan (system religi)
merupakan produk sebagai homo religius.manusia yang memiliki kecerdasarn berpikir dan perasaan luhur,tanggap bahwa atas kekuatan dirinya terdapat kekuatan lai yang maha besar.karena manusia takut dan akirnya lahir lah yang namanya agama.

2.sistem organisasi kemasyarakatan.
Merupakan produk dari manusia sebagai homo socius.manusia sadar bahwa tubuhnya lemah,namun memiliki akal,maka disusunlah organisasi kemasyarakatan dimana manusia bekerja sama untuk meningkatkan kesejahterahan hidupnya.

3.sistem pengetahuan.
Merupakan produk manusia sebagai homo sapiens.pengetahuan dapat diperoleh dari pemikirannya sendiri,disamping itu dapat juga dari orang lain.kemampuan manusia dalam menyampaikan bahasa dan lebih lebih pengetahuan itu dibukukan maka penyebaran akan dilakukan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

4.sistem mata pencaharian hidup dan system ekonomi.
Merupakan produk manusia sebagai homo economicus menjadi tingkat kehidupan manusia secara umum terus meningkat.

5.sistem teknologi dan peralatan.
Merupakan produk sebagai homo faber.berawal dari pemikiran cerdas dibantu oleh tangannya yang memegang sesuatu dengan erat manusia dapat membuat dan menggunakan alat.



6.Bahasa.
Merupakan produk manusia sebagai homo longuens.bahasa manusai awalnya diwujudkan dalam bentuk tanda (kode) yang kemudian disempurnakan dalam bahasa lisan and menjadi bentuk bahasa tulisan.

7.Kesenian
Merupakan hasil dari manusia sebagai homo aeteticus.manusia memerlukan pandangan mata yang indah,suara yang merdu yang semuanya dapat dipenuhi melalui kesenian.

Masalah lain yang juga penting tentang kebudayaan adalah wujudnya.pendapat umum mengatakan bahwa kebudayaan dapat dibedakan dalam dua bentuk wujudnya.
1.   kebudayaan bendaniah(material) dengan cirri dapat dirasakan saja.
2.   kebudayaan rohaniah(spiritual) dengan cirri dapat dirasakan saja.

6.WUJUD KEBUDAYAAN
    Menurut dimensi wujudnya,kebudayaan mempunyai tiga wujud yaitu :

1. komples gagasan,konsep,dan pikiran manusia :
Wujud ini disebut system budaya ,sifatnya abstrak,tidak dapat dilihat,dan berpusat pada kepala-kepala manusia yang menganutnya,atau denan perkataan lain,dalam alam pikiran warga masyarakat dimana kebudayaan bersangkut hiup.kalau warga masyarakat tadi menyatakan gagasan mereka dalam tulisan,maka lokasi dari kebudayaan idealsering berada dalam karangan dan buku-buku karya penulis warga masyarakat yang bersangkutan.sekarang kebudayaan ideal juga banyak di simpan dalam disk, arsip, koleksi, micro film dan microfish

2.komplek aktivitas
Berupa aktivitas yang saling berinteraksi ,bersifat kongkret dapat diamati atau diobservasi.wujud ini dapat disebut system social.sistem social terdiri dari detik ke detik dini ke hari dan tahun ke tahun berhubungan ,bergaul satu dengan yang lain berdasarkan kelakuan.

3.wujud sebagai benda.
Aktivitas manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari bebagai penggunaan peralatan sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuannya.aktivitas karya manusia tersebut menghasilkan benda untuk keperluan hidupnya.kebudayaan bentuk fisik mulai dari benda gerak sampai yang mati.

7.ORIENTASI NILAI BUDAYA
        Kebudayaan sebagai karya manusia memiliki system nilai. Menurut C.Kluckhohn dalam karya Variations Value Orientation (1961) system nilai budaya dalam semua kebudayaan di dunia,secara universal menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia:
1.   Hakekat hidup manusia (MH)
Hakekat hidup untuk setiap kebudyaan berbeda-beda secara ekstern: ada yang berusaha untuk memadamkan hidup, ada pula yang dengan pola-pola kelakuan tertentu mengganggap hidup sebagai sesuatu hal yang baik :mingisis hidup”
2.   Hakekat karya manusia (MK)
Setiap kebudayaan hakekatnya berbeda-beda ada yang berpandangan mementingkan orientasi masa lampau ada pula yang berpandangan untuk masa kini atau masa yang akan dating.
3.   Hakaekat waktu manusia (WM)
Hakekat waktu untuk setiap kebudayaan berbeda: ada yang berpandangan mementingkan orientasi masa lampau ada pula yang berpandangan untk masa sekarang atau masa ang akan dating.
4.   Hakekat alam manusia (MA)
Ada kebudayaan yang mengganggap manusia harus mengekploitasi alama atau memanfaatkan alam semaksimal mungkin ada pula yang beranggapan manusia harus harmonis dengan alam dan harus menyerahkan kepada alam.
5.   Hakekat hubungan manusia (MN)
Dalam hal ini ada yang mementingkan hubungan menusia denan manusia, baik secara horizontal (sesamanya) maupun secara vertical (orientasi terhadap tokoh-tokoh).ada pula yang berpegangan individualistis (menilai tinggi kekuatan sendiri).

8.PERUBAHAN MANUSIA

A.Berbagai factor yang mempengaruhi diterima atau tidaknya suatu unsur kebudayaan baru diantaranya :
1.terbatasnya msyarakat memilki hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan orang-orang yang berasal dari luar masyarakat.
2. jika pandangan hidup dan nilai-nilai yang dominant dalam suatu kebudayaan dintentukan oleh nilai agama, dan ajaran ini terjalin erat dalam keseluruhan pranata yang ada,maka penerimaan unsure baru itu mengalami hambatan dan harus di sensor dulu oleh berbagai ukuran yang berlandaskan ajaran agama yang brlaku.
3.corak struktur social suatu masyarakat turut mementukan proses penerimaan kebudyaan baru.misalnya system otoriter akan sukar menerima suatu kebudayaan baru trsebut.
4.sutu unsur kebudayaan diterima jika sebelumnya sudah ada unsure-unsur yang menjadi landasan bagi diterimanya unsure kebudayaan yang baru tersebut.
5.apabila unsur yang baru itu memiliki sgala kegiatan yang terbatas,dan dapat dengan mudah dibuktikan kegunaanya oleh warga masyarakat yang bersangkutan.

B.Terjadinya gerak /perubahan ini disebabkan oleh beberpa hal :
1. sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri,misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk.
2. sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup.masyarakat yang hidupnya terbuka,yang berada dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat dan kebudayaan lain,cenderung untuk berubah lebih cepat.


9.KAITAN MANUSIA DENGAN KEBUDAYAAN

A.Hubungan manusia dengan kebudayaan
Secara kebudayaan hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan dan kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan oleh manusia. Dalam sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal,maksudnya bahwa walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan satu kesatuan.manusai menciptakan kebudayaan  an setelah kebudayaan itu tercipta maka kebudayaan mengatur kehidupan manusia agar sesuai dengannya.tampak bahwa keduanya akhirnya merupakan satu kesatuan.
B.Contoh antara manusia dan kebudayaan :
sederhana yang dapat kita lihat adalah hubungan anatar manusia dengan peraturan-peraturan masyarakat.pada saat manusia membuat peraturan,maka manusia itu yang harus menjalankan
apa yang dibuatnya.
C.Arti dari dialektis dan tiga Tahap proses dialektis.
Dialektis adalah saling terkait satu sama lain,dan berikut proses dialektis ini tercipta melalui tiga tahap :
1.Eksternalisai yaitu proses dimana manusia mengekpresikan dirinya dengan membangun dunianya.melalui eksternalisasi ini masyarakat menjadi kenyataan buatan manusia
2.obyektivasi yaitu proses dimana masyarakat menajadi realitas oyektif yaitu suatau kenyataan yang terpisah dari manusai dan berhadapan dengan segala pranata sosialnya akan mempengaruhi bahkan membentuk perilaku manusia.
3.Internasisai yaitu proses dimana masyarakat disergap kembali oleh manusia.maksudnya bahwa manusia mempelajari kemasyarakatannya agar hidup dengan baik sehingga di bentuk oleh masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA

1.http://dwicandrayanuar.blogspot.com/kepribadian-bangsa-timur

2.http://ikanurj.blogspot.com/latar-belakang-pendahuluan-rumusan masalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar